Selasa, 25 Oktober 2016

[In Review] Sharing Session



          Sharing Session merupakan salah satu acara yang dipersembahkan oleh The ImPossible Project Team dari jurusan Desain Komunikasi Fashion STDI (Sekolah tinggi desain Indonesia) Bandung. Selain sebagai ajang untuk berbagi, acara sharing session ini juga dijadikan sebagai ajang perkenalan oleh the ImPossible Project team yang baru terbentuk, terdiri dari beberapa dosen dan mahasiswa fashion dari STDI dengan Ibu Maradita sebagai ketuanya. 

           Sharing session sendiri bertujuan sebagai sarana berbagi pengalaman bagaimana proses kreatif dalam dunia fashion terjadi, dan dikhususkan dalam proses final project untuk para mahasiswa fashion tingkat akhir. Dengan mendatangkan 3 orang mahasiswa dari Universitas Telkom yang kebetulan juga baru menyelesaikan study-nya; M.Ricky Barman, Dwi Astiti dan Rahmadina Apriliza. Walaupun masih terbilang fresh graduated, 3 desainer muda ini tidak bisa dipandang sebelah mata, pengalaman mereka di dunia fashion desain sudah bisa terbilang cukup sukses bahkan sebelum mereka lulus sekali pun. 

Sebagai pembukaan, Ricky Barman berbagi pengalaman mengerjakan koleksi evening gown untuk Tugas akhirnya yang terinspirasi dari salah satu pantai misterius di Hawai. Dengan penyampaian-nya yang sedikit nyeleneh, Ricky juga menceritakan semua proses eksperimennya dalam mengolah limbah kerang laut menjadi suatu ornament cantik dan elegan yang kemudian ia aplikasikan ke dalam evening gown-nya.




Rahmadina atau yang akrab dipanggil Dina mempresentasikan koleksi ready to wear-nya yang ia ambil dari ketertarikannya sendiri kepada warna hitam. Dina mencoba mengangkat sesuatu yang subjektif dan merubahnya menjadi hal yang objektif dengan mengeluarkan sisi lain dari warna hitam itu sendiri seperti menambahkan ornamen-ornamen tulisan tangan yang kemudian ia bordir ke dalam  beberapa koleksinya. Hasil ini pun ia dapatkan setelah melalui berbagai proses eksperimen bahan yang tidak sebentar.



Sementara itu, Dwiastiti yang terinspirasi dari sebuah seminar yang pernah dihadirinya tentang trend forcasting menjadikan kain scuba sebagai material utama untuk koleksi active-wear nya. Seperti hal-nya 2 pembicara sebelumnya yang memfokuskan pada satu hal, Asti juga lebih menitik beratkan koleksinya pada tehnik pewarnaan serta pecah pola. Pada kesempatan ini juga, Asti mengenalkan brand sekaligus studio fashionnya AST sebagai sarana lanjutan untuk membagi proses kreatif-nya.   


Acara yang berlangsung di Aula STDI, yang terletak di Jl. Wastukencana no 52 Bandung ini berjalan cukup sukses. Tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa fashion dari STDI, acara ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa Telkom, STKS dan umum. Seperti tema acaranya yaitu “Sharing Session”, suasana yang tercipta pun sangat santai dan menyenangkan, apalagi ketiga pembicara juga membawakan materinya dengan cara yang mudah diserap dan diselingi beberapa guyonan, yang mampu menghadirkan gelak tawa para peserta. 

Peserta pun tidak kalah antusias dari para pembicaranya, ini terbukti dari banyak-nya yang bertanya pada sesi tanya-jawab maupun secara pribadi ke setiap pembicara setelah acara selesai. Para pembicara pun dengan gamblang menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta, mulai dari pertanyaan yang umum sampai pribadi. 

Secara umum, acara sharing session ini adalah ajang ‘curhat’ bermanfaat para mahasiswa fashion yang sudah berhasil melewati proses final project mereka. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik, pada acara ini juga banyak ilmu-ilmu yang dapat diambil dari pengalaman-pengalaman pribadi para pembicara. Saya sendiri sebagai mahasiswa fashion tingkat awal, merasa sangat terbantu melihat garis besar proses kreatif yang tentunya bisa saya jadikan bekal untuk menghadapi tugas akhir nantinya. 
 


 
Akhir kata, saya selaku mahasiswa fashion mengucapkan terimakasih kepada The ImPossible Projects Team yang sudah sukses mengadakan acara yang sangat bermanfaat ini. Harapan kedepan saya, akan banyak lagi acara-acara seperti ini yang akan meramaikan Aula STDI. 





 - Pict sources : Instagram @fashion.communication.stdi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar